Dies Natalis UIN SMH Banten : Demi Cegah Abrasi, UIN SMH Banten Tanam 1000 Pohon Mangrove

Humas UIN – Dalam rangkaian acara Dies Natalis Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Lembaga Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) UIN SMH Banten menyelenggarakan penanaman 1000 pohon mangrove di Desa Domas Kecamatan Pontang Kabupaten Serang. Rabu, (12 Oktober 2022).

Acara ini dilaksanakan bersama Cahyo Hindro Atmoko selaku Wakil Ketua Bidang Pendayagunaan dan Pendistribusian LazisMu Prov. Banten, Rohyati selaku Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Serang, Samsuri selaku Camat Pontang, Uqon Hidayat selaku Kepala Desa Domas beserta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Hunainah selaku ketua LP2M mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya penanaman 1000 pohon mangrove di Desa Domas untuk bersama-sama merestorasi tanaman mangrove ke daerah yang rawan abrasi.

“Saya fikir Desa ini sangat potensial untuk penanaman dan pengembangan pohon Mangrove, karena  Kepala Desa dan warga setempat  punya komitmen yang sangat kuat,” jelasnya.

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk formalitas semata, ke depannya pihak LP2M akan terus memantau dan berkolaborasi demi perkembangan pohon magrove yang ditanam bersama-sama.

“Penanaman 1000 pohon mangrove ini bagian dari salah satu kegiatan Dies Natalis UIN SMH Banten yang ke-60 dan juga menyambungkan dari kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) UIN Banten yang mengabdikan dirinya di desa ini  secara berkelanjutan, jangan sampai setelah Kukerta  beres kegiatan terhenti. Lebih dari itu, kegiatan kukerta  harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” jelas Hunainah.

Samsuri selaku Camat Pontang sangat menyambut dengan antusias yang tinggi, karena dalam hal ini bisa terus bersinergis untuk ke depannya.

“Saya sangat setuju diadakannya acara penanaman 1000 pohon mangrove, disisi lain dari tercegahnya abrasi bisa diambil juga dari sisi peningkatan perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

Senada dengan hal itu,  Cahyo Hindro Atmoko selaku Wakil Ketua Bidang Pendayagunaan dan Pendistribusian LazisMu Prov. Banten mengatakan bahwa hal ini dilakukan bukan hanya jangka yang sebentar tetapi jangka yang panjang.

“Maka dari itu, kita harus terus berkomitmen untuk kolaborasi dengan para satgas yang ada di sekitar dalam pemeliharaan 1000 pohon mangrove yang saat ini kita tanam,” pintanya.

Scroll to Top
Scroll to Top